Hendri Sutadinata Maya Muncar – Dua Sikap Dasar Calon Pebisnis Sukses



Hendri Sutadinata Maya Muncar – Untuk meraih sukses, selain harus memiliki tekad yang kuat, ternyata ada dua sikap dasar yang memang telah dimiliki oleh pengusaha sukses sejak kecil. Untuk Anda yang ingin memiliki dua sikap ini sebenarnya bisa didapatkan ketika dewasa. Apa saja sikap tersebut? Berikut Hendri SutadinataMaya Muncar akan menjelaskannya secara terperinci.

Pertama adalah penasaran. Penasaran bisa menjadi sumber kesuksesan. Dengan penasaran, kita terdorong untuk mempelajari hal-hal baru. Karena penasaran, kita terpacu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Akhirnya, pengetahuan kita luas, demikian juga wawasan kita. Pengetahuan dan wawasan tersebut dapat menjadi sumber ide bagi bisnis kita. Misalnya, Anda memiliki usaha penjualan produk elektronik. Jika Anda pemilik toko yang gampang penasaran, Anda akan mempelajari dan menggali informasi mengenai produk-produk elektronik terbaru. Anda juga penasaran mengamati dinamika pasar.
Dengan demikian, saat pasar lesu, Anda dapat menerapkan serangkaian strategi agar tidak merugi. Sebaliknya, saat pasar bergeliat, Anda pun dapat menerapkan strategi-strategi untuk menghadapinya. Beda halnya jika Anda tidak memiliki rasa penasaran. Anda tidak peduli dengan apa yang terjadi di pasar. Akibatnya, Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan saat pasar sedang bergejolak.
Kemudian yang kedua adalah percaya diri. Dunia usaha adalah dunia interaksi antar-pelaku usaha dan antara pelaku usaha dan konsumen. Nah, interaksi inilah yang membentuk jaringan. Dalam jaringan ini, seseorang dapat menawarkan produknya. Ia juga dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain. Sulit dibayangkan orang membuka usaha tanpa memiliki jaringan. Bahkan orang yang hanya mempromosikan komoditasnya lewat media sosial pun harus membangun jaringan dengan orang-orang yang berkunjung ke akun sosial medianya. Ia harus aktif berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi calon konsumennya itu. Ia harus mengelola konsumen sedemikian rupa menjadi konsumen yang setia membeli produknya.
Lantas, bagaimana cara membentuk jaringan? Anda harus percaya diri. Jika Anda sudah minder berbicara dengan orang lain, malu meyakinkan orang lain untuk membeli produk Anda atau untuk menjalin kerja sama dengan Anda, maka bisa dipastikan Anda tidak akan memiliki jaringan yang kuat. Konsumen Anda akan beralih kepada pelaku usaha yang gesit yang dapat mendekati mereka. Demikian juga dengan rekan Anda. Mereka akan menjalin kerja sama dengan pihak yang percaya diri terhadap kemampuannya.

Comments

Popular posts from this blog

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Hidup Sukses di Usia Muda

Hendri Sutadinata Maya Muncar – Sekilas Tentang Bisnis