Hendri Sutadinata Maya Muncar – Dua Rahasia Penting Menghadapi Era Digital



Hendri Sutadinata Maya Muncar – Era digital telah datang beberapa tahun yang lalu, namun tahun ini era digital semakin kuat karena didorong oleh teknologi yang mumpuni dan canggih. Ini adalah bukti bahwa, hidup dan zaman akan selalu berubah. Dalam hal ini, sebagai seorang pengusaha Anda harus siap dalam meghadapinya.

Bagaimana cara menghadapi era digital? Berikut HendriSutadinata Maya Muncar akan memberikan dua rahasia yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi era digital ini.
Pertama adalah strategi. Strategi apa yang harus diambil di zaman serba digital ini? Tentu saja kita harus GO-ONLINE. Banyak sekali manfaat yang didapat apabila pebisnis mampu melakukan digitalisasi dalam menjalankan usahanya, sebagai contohnya adalah ekspansi pasar. Berjualan secara konvensional dengan membuka toko hanya mengandalkan konsumen yang datang tetapi apabila dilakukan secara online maka dapat menjangkau konsumen di seluruh nusantara bahkan dunia.
Apalagi manfaat yang akan Anda dapatkan? Rantai perdagangan lebih efisien atau pendek, pemasaran dan promosi produk lebih mudah serta biaya transaksi lebih rendah. Misalkan apabila kita berjualan di toko online tentu kita dapat memangkas biaya sewa toko atau tempat. Saat ini sudah banyak sekali pelaku bisnis online yang tidak memiliki toko besar, hanya bermodalkan website dan stok barang dirumah sudah bisa berbisnis. Bahkan ada juga yang hanya menjadi dropshipper.
Kemudian yang kedua adalah tetap offline. Seperti kata pepatah, janganlah bagai kacang lupa kulitnya. Bagaimanapun juga, antara bisnis online dan bisnis offline tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling menunjang. Jika Anda sudah memiliki toko, janganlah menutup toko konvensional karena merasa sudah berhasil berjualan online. Bagaimanapun juga, toko offline adalah identitas serta tempat mengukur loyalitas dan membangun ikatan antara penjual dan pembeli sehingga kepercayaan konsumen semakin meningkat.
Sedangkan toko online dimaksudkan untuk membangun personal branding agar eksistensi produk di masyarakat lebih kuat tertanam dan dapat tersebar. Satu hal yang perlu Anda ingat, berbisnis secara online tantangannya adalah sistem sedangkan berbisnis secara offline tantangannya adalah masalah interaksi dengan manusia atau konsumen. Bagaimanapun keduanya saling mendukung dan harus dilakukan secara bersamaan. Bagi yang sudah memiliki offline bisnis, bisa melebarkan sayap dengan go-online dan bagi yang baru memiliki online bisnis, janganlah berkecil hati dan teruslah berjuang hingga memiliki offline store sebagai bukti identitas kepada konsumen dan masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Hidup Sukses di Usia Muda