Hendri Sutadinata Maya Muncar – Sukses Di Usia Muda Dengan Tips Rahasia Beriku Ini
Hendri
Sutadinata Maya Muncar – Sukses di
usia muda adalah impian bagi semua orang bahkan tidak sedikit dari kalangan
pelajar dan mahasiswa yang telah merintis bisnis agar sukses di usia belia. Dalam
hal ini Hendri Sutadinata Maya Muncar
akan memberikan dua poin penting yang dapat Anda implementasikan saat merintis
bisnis. Berikut ulasannya.
Pertama, dalam berbisnis Anda harus bisa
menilai dan mengevaluasi diri. Sebelum menjadi pengusaha sukses, cobalah
merefleksikan diri dan melihat apakah Anda sudah memiliki bekal untuk menjadi
pengusaha sukses. Cari tahu dan tuliskan apa kelebihan dan kekurangan Anda
sebanyak-banyaknya.
Kemudian yang kedua, jadilah sosok yang
proaktif. Hampir semua orang memiliki ide yang unik dan menarik, namun hanya
sebagian kecil yang akan merealisasikannya. Orang yang proaktif memiliki
kecenderungan untuk mengambil inisiatif. Saat tidak ada peluang, mereka tidak
menyerah, namun mencari atau bahkan membuat peluang baru. Kebalikan dari orang
proaktif adalah orang reaktif, dengan karakteristik hanya menunggu sesuatu
untuk terjadi tanpa melakukan apapun. Perlu Anda ketahui bahwa, mereka akan
bertindak hanya sebagai reaksi dari aksi orang lain. Saat tidak ada peluang,
orang reaktif hanya menunggu ada peluang baru.
Dan yang ketiga adalah membuat rencana bisnis.
Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis Anda, kini saatnya maju ke
tahap yang lebih serius, yaitu membuat rencana bisnis yang lebih mendetail. Rencana
bisnis merupakan sebuah rencana kegiatan organisasi yang disusun untuk jangka
waktu tertentu dan menjadi sebuah pedoman dalam mencapai tujuan bisnis. Anda
membutuhkan sebuah metode sistematis yang terukur dalam mencapai tujuan,
misalnya dengan sebuah rencana bisnis dan program kerja yang efektif.
Perlu digaris bawahi, rencana bisnis Anda
harus mencakup beberapa poin berikut ini:
1.
Mengidentifikasi
calon pembeli siapa calon pembeli dan siapa calon pembeli potensial, bagaimana
cara menarik calon pembeli, dan sebagainya).
2.
Siapa saja
yang menjadi pesaing berikut kelebihan dan kekurangannya.
3.
Kondisi
pasar dan peramalan kondisi pasar ke depannya.
4.
Sistem
pemasaran yang akan digunakan dan tujuan pemasarannya.
5.
Pernyataan
misi bisnis yang jelas.
6.
Pernyataan
visi yang menggambarkan tujuan bisnis secara luas untuk jangka panjang.
Comments
Post a Comment