Hendri Sutadinata Maya Muncar – Pentingnya Hubungan Baik Dengan Customer



Hendri Sutadinata Maya Muncar – Semua orang yang ada di Dunia ini pasti memiliki mimpi yaitu sukses, dengan hidup yang serba terpenuhi serta keinginan yang selalu tercapai. Untuk mencapai sukses tersebut, perlu adanya perjuangan yang harus dilakukan. Atau dalam istilah, berakit rakit kehulu berenang renang ketepian, yang artinya bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian.

Hal ini juga sama pada Dunia bisnis, sebelum mendapatkan kesenangan atau kesuksesan dalam berbisnis tersebut, Anda harus bisa berjuang dalam meraihnya. Berikut Hendri Sutadinata Maya Muncar akan menjelaskan tentang hal apa saja yang dapat Anda lakukan jika ingin sukses dalam berbisnis.
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus bisa membangun relasi dengan customer Anda. Apa itu customer atau pelanggan? Secara umum, pelanggan diartikan sebagai perseorangan atau kelompok yang mencari pemenuhan keperluan primer, sekunder, atau tersier dengan cara menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh perseorangan atau kelompok lain melalui kegiatan transaksi jual-beli. Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak mungkin memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk membangun hubungan baik secara dua arah.
Dalam hal ini, untuk dapat membangun hubungan baik dengan konsumen, Anda harus mengetahui beberapa cara dalam membangun relasi dengan customer Anda. Untuk memahaminya, mari melihat beberapa contoh di bawah ini:
·         Transactional: pesan, bayar, makan dan customer. Contohnya adalah KFC.
·         Self service: warung makan nasi ramesan, ambil sendiri, lalu tunjukkan ke kasir, dan bayar setelah selesai makan. Contohnya adalah warung nasi
·         Automated service: mengambil makanan sendiri seperti beli makanan cepat saji di supermarket. Sebagai contohnya adalah Indomaret.
·         Communities: jual tempat, membuat orang lebih suka hang out dan main di rumah makan tersebut. Contohnya adalah Upnormal dan Starbucks.
Namun demikian, satu hal yang harus Anda catat, jangan sampai Anda mementingkan harga yang murah namun gagal menutupi seluruh biaya atau pengeluaran bisnis kuliner Anda.
Anda bisa meniru bisnis lainnya seperti, kedai kopi dimana bukan hanya kopi yang dijual, namun juga makanan ringan dan kue-kue. Dengan menjual makanan ringan, mereka mengincar tambahan pemasukan karena banyak konsumen yang merasa lapar saat nongkrong di kedai kopi.


Comments

Popular posts from this blog

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Hidup Sukses di Usia Muda

Hendri Sutadinata Maya Muncar – Sekilas Tentang Bisnis