Hendri Sutadinata Maya Muncar – Dua Sikap Dasar Calon Pebisnis Sukses
Hendri Sutadinata Maya Muncar – Untuk
meraih sukses, selain harus memiliki tekad yang kuat, ternyata ada dua sikap
dasar yang memang telah dimiliki oleh pengusaha sukses sejak kecil. Untuk Anda
yang ingin memiliki dua sikap ini sebenarnya bisa didapatkan ketika dewasa. Apa
saja sikap tersebut? Berikut Hendri SutadinataMaya Muncar akan menjelaskannya secara terperinci.
Pertama adalah
penasaran. Penasaran bisa menjadi sumber kesuksesan. Dengan penasaran, kita
terdorong untuk mempelajari hal-hal baru. Karena penasaran, kita terpacu untuk
menggali informasi sebanyak-banyaknya. Akhirnya, pengetahuan kita luas,
demikian juga wawasan kita. Pengetahuan dan wawasan tersebut dapat menjadi
sumber ide bagi bisnis kita. Misalnya, Anda memiliki usaha penjualan produk
elektronik. Jika Anda pemilik toko yang gampang penasaran, Anda akan
mempelajari dan menggali informasi mengenai produk-produk elektronik terbaru.
Anda juga penasaran mengamati dinamika pasar.
Dengan demikian,
saat pasar lesu, Anda dapat menerapkan serangkaian strategi agar tidak merugi.
Sebaliknya, saat pasar bergeliat, Anda pun dapat menerapkan strategi-strategi
untuk menghadapinya. Beda halnya jika Anda tidak memiliki rasa penasaran. Anda
tidak peduli dengan apa yang terjadi di pasar. Akibatnya, Anda tidak tahu apa
yang harus Anda lakukan saat pasar sedang bergejolak.
Kemudian yang
kedua adalah percaya diri. Dunia usaha adalah dunia interaksi antar-pelaku
usaha dan antara pelaku usaha dan konsumen. Nah, interaksi inilah yang
membentuk jaringan. Dalam jaringan ini, seseorang dapat menawarkan produknya.
Ia juga dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain. Sulit dibayangkan orang
membuka usaha tanpa memiliki jaringan. Bahkan orang yang hanya mempromosikan
komoditasnya lewat media sosial pun harus membangun jaringan dengan orang-orang
yang berkunjung ke akun sosial medianya. Ia harus aktif berkomunikasi dengan
orang-orang yang menjadi calon konsumennya itu. Ia harus mengelola konsumen
sedemikian rupa menjadi konsumen yang setia membeli produknya.
Lantas, bagaimana
cara membentuk jaringan? Anda harus percaya diri. Jika Anda sudah minder
berbicara dengan orang lain, malu meyakinkan orang lain untuk membeli produk
Anda atau untuk menjalin kerja sama dengan Anda, maka bisa dipastikan Anda
tidak akan memiliki jaringan yang kuat. Konsumen Anda akan beralih kepada
pelaku usaha yang gesit yang dapat mendekati mereka. Demikian juga dengan rekan
Anda. Mereka akan menjalin kerja sama dengan pihak yang percaya diri terhadap
kemampuannya.
Comments
Post a Comment