Hendri Sutadinata Maya Muncar – Dua Langkah Dasar Bisnis Mendaur Ulang Plastik



Hendri Sutadinata Maya Muncar – Sebagaimana telah kita ketahui bahwa, plastik merupakan jenis bahan yang termasuk kedalam jenis sampah anorganik yakni sampah yang sangat sulit terurai. Sebuah riset menyatakan bahwa dibutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa mendaur ulang sampah plastik. Artinya jika Anda tidak memanfaatkan sampah plastik menjadi hal yang berguna maka hal ini akan bisa menjadi petaka.
Disamping itu, kelangsungan hidup di alam dan keberlangsungan kehidupan anak cucu kita bisa menjadi terancam. Para penggiat dan pecinta lingkungan mengupayakan dan mengkampanyekan cara  dalam mendaur ulang sampah plastik. Dan ternyata hasilnya plastik bisa didaur ulang kedalam bentuk biji plastik yang memiliki nilai jual yang lumayan. Nah, tentunya Anda tidak boleh melewatkan momentum ini. Dari sampah jadi berkah.

Bagaimana cara mengambil peluang bisnis ini? Pada artikel ini Hendri Sutadinata Maya Muncar akan memberikan ulasan tentang dua langkah dasar mendaur ulang plastik. Berikut ulasannya :
Pertama adalah, Anda harus memiliki lokasi usaha. Dalam usaha pengolahan daur ulang sampah lokasi yang diperlukan cukup luas. Karena dalam satu lokasi kita harus memiliki tempat untuk mengolah bahan baku, peralatan serta biji plastik yang siap jual. Selain itu, pilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Hal ini karna bahanbaku sampah plastik bisa mengganggu akibat bau tidak sedap yang di timbulkannya. Anda juga harus mengurus izin usaha dan lingkungan dari dinas terkait setempat.
Kemudian yang kedua adalah modal. Usaha ini termasuk kedalam jenis  usaha mikro kecil dan menengah . Sehingga modal yang diperlukan juga tidaklah besar. Modal adalah satu hal yang harus di persiapkan saat akan memulai usaha adalah tentunya ketersediaan modal. Untuk bisa membuka usaha pengolahan daur ulang plastik tentu modal yang di butuhkan tidak sedikit. Oleh karenanya Anda perlu mempersiapkan modal baik brrupa modal materil maupun non materiil. Jika Anda terkendala dari segi modal, Anda dapat mengajukan pinjaman ke pihak bank atau koperasi. Jika Anda sudah memiliki dua hal diatas, selebihnya Anda tinggal menggali informasi tentang dunia plastik beserta jenis jenisnya.

Comments

Popular posts from this blog

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Hidup Sukses di Usia Muda

Hendri Sutadinata Maya Muncar – Sekilas Tentang Bisnis